Senin, 19 Maret 2012

Pemasaran Lingkungan "Mencoba Melakukan Hal yang Benar"

"Gerakan pemasaran lingkungan" adalah sebuah hasil dari Hari Bumi (Earth Day)1990. dalam menanggapi studi-studi yang mengindikasi bahwa konsumen menginginkan produk-produk yang bersahabat denganlingkungan hidup, banyak perusahaan tellah memperkenalkan produk-produk "hijau", tetapi hasilnya masih mengecewakan. Mengapa ? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menguji makna "penghijauan" dari pasar konsumen, tindakan-tindakan usaha masa kini, dan peraturan dan lingkungan perekonomian dewasa ini.

Pasar konsumen terdiri dari lima kelompok, yang diklasifikasikan dengan keinginan mereka untuk membeli produk-produk "hijau". kelompok pertama, "hijau asli" (11 persen dari populasi), digemari orang-orang yang terlibat aktif dalam praktek-praktek prolingkungan. kelompok kedua, "hijau uang kertas" (11persen) berusia lebih muda dan orang-orang yang mengeluarkan banyak uang demi lingkungan. kelompok ketiga, "kecambah" (26 persen), bersikap mendua terhadap gerakan lingkungan. Yang keempat, "belibis" (24 persen) tidak terlibat dalam kegiatan-kegiatan lingkungan karena ikut-ikutan teman-teman mereka. akhirnya, "coklat dasar" (28 persen) tidak percaya bahwa orang-orang dapat menghasilkan perubahan dalam lingkungan. dengan demikian mengecualikan "hijau asli" dan "hijau uang kertas", pasar tersebut tidak tertarik dengan upaya-upaya lingkungan dan tidak ingin membayar lebih dari5 persen untuk produk-produk "hijau". karena banyak dari produk-produk ini lebih mahal harganya, kekurangan respon konsumen yang seharusnya diharapkan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India