Senin, 11 November 2013

Fenomena "Beggar"

Pada kenyataannya fenomena itu masih menggelitik pikiranku, hingga malam ini. Sesuatu hal yang sangat bijak untuk dilihat. Penampilannya seperti mahasiswa. kulitnya yang bersih, kaca mata yang menutupi mata sipitnya, T-shirt lengan panjang dengan motif garis hitam putih horisontal, celana jeansnya yang rapi, tas hitam yang melekat di punggungnya, semua itu menandakan dia dari keluarga yang berada. Namun bukan gambaran sempurna dari pria itu yang ada dipikiranku sekarang, melainkan sekilas dari percakapan mereka. Ya, betul mereka. Seorang ibu dengan ketiga anaknya yang sedang mencari uang. Anak gadis yang paling besar berumur sekitar 7 tahun, adiknya berumur sekitar 5 tahun, dan yang ada dipangkuan sang ibu masih balita. Sepertinya tempat tersebut menjadi langganan mereka untuk mencari uang. Di trotoar dekat sebuah mall di daerah Jakarta Barat. Semakin banyak orang yang lalu lalang, maka kemungkinan besar mereka akan mendapat uang yang lebih banyak. Sebut saja mereka "beggar".
Pria : "Boleh ya bu, saja ajak adiknya sebentar ?"
Ibu  : "Iya, tapi jangan lama-lama."
Pria : "Enggak kok bu, cuma sebentar saja, nanti saya antar kesini lagi"
Ibu  : "Ya sudah"
Pria : "Terima kasih bu." lalu mengatakan kepada anak yang berusia 7 tahun tersebut, "ayo de, kita makan enak" (tanpa ragu dan malu dia menggandeng tangan gadis kecil tersebut menuju ke mall yang tak jauh dari tempat itu.
Gadis kecil yang yang memakai baju lusuh warna hijau, celana legging warna pink yang tak kalah lusuhnya, rambut panjangnya yang tak terurus itu mungkin juga belum disisir selama beberapa hari mengikuti langkah pria itu.
Banyak pertanyaan yang muncul di benakku, apa tujuan pria itu ? Apakah pria itu mengenali gadis kecil itu ? Apa benar gadis kecil tersebut adalah anak kandung dari ibu tersebut ? atau mungkin pria itu hanya ingin melakukan penelitian sosial saja ?
Entahlah...pada kenyataannya aku tidak akan menemukan jawaban yang pasti. #myshortstory

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India